Minggu, 20 Juni 2010

PSK-31

Postingan ini bukan ngomongin soal PSK yang ada di taman lawang, tapi postingan ini buat kamu2 yang suka tentang dunia digital.....
Selamat membaca....


Apa itu mode PSK-31?

PSK-31 adalah sebuah varian komunikasi digital, dikembangkan oleh Peter Martinez, G3PLX; dimana isyarat data ASCII diubah ke bentuk Varicode dan dimodulasikan ke sinyal radio (carrier radio) secara phase shift keying, dimana terjadi pergeseran phase sinyal pada setiap berubahan bit yang berbeda; dan ntuk mentransmisikain sinyal Varicode ini pada kecepatan 50 words per menit pada sampling rate 8-Khz memerlukan bit-rate sekitar 31.25 bit per second.
Inilah mengapa disebut PSK-31.

Apa kelebihan PSK-31 ?
Kelebihan psk-31 dibandingkan dengan bentuk live QSO yang lain adalah adanya error correction, Signal to Noise ratio yang lebih baik dan bandwith yang sempit.
Dengan S/N yang lebih baik PSK31 dibandingkan dengan mode digital yang lain masih mampu dioperasikan pada kondisi noise yang relatif lebih buruk; dengan bandwith yang sempit akan didapatkan utilisasi frekuensi yang lebih meningkat.

Apa yang harus dipersiapkan untuk bekerja dengan PSK-31 (juga untuk digital mode yang lain)?
Dengan teknologi Digital Signal Processing yang semakin cepat dan murah sangat mudah diimplementasikan mode PSK-31.
Satu perangkat komputer dengan multimedia (komputer dengan soundcard terpasang), software digital mode, radio VHF/HF, dan rangkaian interface sederhana dapat segera bekerja dengan mode digital.
Dengan memulai bekerja dengan mode PSK31 maka akan terbuka langkah berikutnya untuk bekerja dengan digital mode : RTTY, SSTV, Hellscreiber, PSK63, ALE, OliviaData, AMTOR, PACTOR, Fax, Contestia, PacketRadio dll.

Software apa saja yang mendukung PSK-31?
Banyak software yang mendukung mode PSK-31; dari yang demo version, freeware alias gratis sampai dengan harus membayar registrasi.
MixW, Digipan, WinPSK, Zakanaka, dll cukup tersebar di internet dan di kalangan amatir dan siap untuk dicoba!

Konfigurasi Setup digital mode?
1. Audio Out dari soundcard komputer disambungkan dengan saluran Microphone.
2. Audio HeadPhone/Speaker out transceiver disambungkan ke Line IN atau Mic In soundcard.
3. Kabel RS232 (COM port) disambungkan ke rangkaian interface dan ke PTT dan Ground di soket microphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar