Selasa, 28 September 2010

Tips Mengurangi Rasa Ngantuk Ditengah Pelajaran/Pekerjaan

Assalamu`alaikum…

HAYOOO!!!…. nih dia, postingan yang cocok buat temen-temen/mas-mas/mbak-mbak/bapak-bapak/ibu-ibu, yang tidak sengaja tidur ALIAS mengantuk di dalam kelas/kantor pada saat pelajaran/pekerjaan berlangsung. Tidur… memang harus dilakukan jika manusia itu sudah lelah. Tapi, tidak harus dilakukan jika sudah lelah, pada saat masih berada di kantor/kelas. Hehe..Postingan ini ter-ilhami dari teman saya, yang jika saya cermati, dia jarang sekali mengantuk ketika pelajaran berlangsung. Dan ketika saya menanyakan, “apa sih rahasianya, biar kagak tidur dikelas?”, dia hanya geleng-geleng kepala dan tidak mau memberikan rahasianya. Tapi setelah saya rayu dengan kemelasan wajah saya, akhirnya saya mendapatkannya. Hehehe…



Saya menanyakan hal itu karena tidak ingin mengantuk lagi pada saat di tengah pelajaran. Padahal pelajaran yang diberikan oleh dosen sangat penting sekali buat bahan UAS nanti.

Nah.. Mau tahu rahasianya? Coba praktikan kegiatan ini ya…

* Agar dapat tidur pulas dimalam hari, kita harus bercapai-capai terlebih dahulu sebelum tidur. Seperti belajar, mengerjakan tugas, atau hal yang lain yang bisa membuat tubuh kita lelah. Bagi karyawan yang sudah terlanjur lelah duluan akibat seharian kerja, boleh langsung tidur.

* Tidurnya jangan terlalu malam atau lebih dari jam 1 malam atau pukul 01.00 WIB dini hari, karena kemungkinan kecil tips ini tidak akan manjur ALIAS berhasil. Untuk berapa lamanya kita tidur, usahakan untuk tidur minimal selama 4 jam.

* Setelah itu, paginya kita harus sudah bangun, walaupun mata masih penuh dengan BELEK, dan jangan tidur lagi (males banget sih jadi manusia. hehe…). Setelah bangun tidur, jangan langsung mandi (itu kata teman saya). Lakukanlah kegiatan yang dapat menyegarkan tubuh terutama mata. Seperti nonton Televisi, Olahraga ringan, mempersiapkan keberangkatan kerja/kuliah dan lain-lain, kalau bisa kegiatan tersebut dilakukan minimal selama 30 menit dan di utamakan menonton Televisi minimal selama 20 menit.

* Terserah sih, bagaimana cara membagi waktu tersebut, yang penting jangan sampe terlambat kerja/kuliah. Sangat disayangkan sekali jika kita sudah melakukan kegiatan diatas, tetapi ujung-ujungnya kita terlambat. Lagi pula jika bangun lebih pagi, maka rezeki makin banyak menghampiri, jika kita berusaha (itu kata orang bijak… bukan dari saya). Setelah melakukan kegiatan diatas barulah kemudian mandi, berpakaian, berberes perlengkapan, lalu CAPCUS… eh maaf bahasa gaulnya kebawa, maksud saya pergi kerja/kuliah.

Nah… mungkuin itu saja tips dari saya. Semoga tips ini dapat mengurangi para pembaca dari ngantuk di tengah pelajaran/pekerjaan. Jika para pembaca ingin memberi saran, kritik atau sekedar menambahkan kata-kata dari postingan saya ini, bisa langsung di COMMENT… dibawah…

Terimakasih sudah membaca
Wassalamu`alaikum…

1 komentar: